Thursday, August 27, 2009

Percaya Diri dan Stress





Ada seorang teman yang merasa seringkali bingung menempatkan diri dalam lingkungan yang baru. Dia mengatakan bahwa dirinya selalu canggung, malu dan tidak percaya diri. Bahkan di lingkungan (baca: komunitas) yang sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi dia, tetap saja teman saya merasa tidak nyaman.

Berbagai hal menjadi alasan seseorang merasa tidak nyaman di tempat baru. Salah satunya adalah ketidakpercayaan pada diri sendiri. Dia merasa bahwa komunitas yang sedang dia hadapi itu tidak sesuai dengan dirinya. Orang yang tidak percaya diri merasa bahwa dirinya terlalu rendah untuk bisa ikut bergabung dalam komunitas di tempat tersebut, sebaliknya orang yang over percaya diri merasa bahwa dia jauh di atas tingkat dari komunitas tersebut.

Banyak hal yang melatarbelakangi rasa percaya diri yaitu tingkat pendidikan, kekayan, umur dan jabatan. Segala usia pasti mengalami siklus ketidakpercayaan diri dengan kadar dan alasan berbeda. Semakin tua dan mapan, orang akan cenderung merasa percaya diri, sama halnya dengan seseorang yang merasa berkompeten dalam suatu komunitas. Mereka merasa bahwa dirinya mampu menghandle keadaan, situasi dan bahkan tingkat emosinya sendiri.

Kata kuncinya; tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setiap hari seseorang selalu bikin salah lalu belajar. Lebih baik begitu, daripada tidak bikin salah dan tidak pernah belajar. Setiap hari bos kita, teman kita, orang tua kita marah pada kita. Kenapa? Karena menurut mereka kita bikin salah. Dan apa yang terjadi pada kita? Marah, sebal, kecewa dan tidak percaya diri. Lebih baik kita tahu kita salah, dimarahin dan belajar. Kalau kita dimarahin bukan karena kita salah, lebih baik kita yang selalu percaya diri bahwa kita memang tidak salah dan kita mesti membentengi diri kita dengan melawan mereka baik secara frontal (*plus bahasa bersusila) maupun membentengi diri dengan membiasakan perasaan yang tidak tersakiti dan tidak stres.

Mampu menghandle situasi, kondisi dan emosi diri sendiri adalah satu kunci rasa percaya diri. Dan rasa percaya diri adalah satu kunci kenyamanan kita dalam suatu komunitas/ lingkungan.


Sumber : http://globallyact.wordpress.com/2008/11/14/percaya-diri-dan-stress/

No comments: