Saturday, March 13, 2010

Perawatan Kulit Bayi Anda

Kulit bayi Anda adalah sumber kekaguman dan keajaiban. Disaat lahir kulit bayi Anda indah, lembut dan lentur. Didalam rahim dan sesaat lahir, kulitnya dilindungi oleh lapisan berwarna keputihan yang bernama vernix. Begitu vernix dibersihkan, bayi Anda dihadapkan pada elemen yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan.
Pernahkah Anda berfikir sejenak tentang bagaimana kulit bayi Anda bekerja? Kita cenderung untuk mengabaikan kulit, namun sebagai organ tubuh yang terbesar, ia harus memenuhi banyak fungsi vital. Ia melindungi bayi Anda dari elemen-elemen luar, menjaga bayi Anda pada suhu yang tepat (dengan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan dan bulu halus untuk menghangatkan), melindungi organ-organ sensitif dalam tubuh bayi, dan dengan ribuan ujung-ujung syaraf yang sangat sensitif, kulit memungkinkan bayi terhubung dengan dunia luar.

Kita semua tahu betapa pentingnya sentuhan bagi manusia. Bagi bayi, sentuhan bahkan lebih vital dan melalui kulitlah bayi mengalami kasih sayang dan perhatian yang lembut dari orang tua. Begitu dilahirkan, ketika bayi ditempatkan di atas dada ibu mereka atau di lengan ayahnya, ikatan pertama dari hubungan kehidupan yang panjang pun terbentuk.

Masalah-masalah kulit yang biasa ditemui pada bayi :
Kulit adalah salah satu tanda yang paling terlihat dari kesehatan bayi dan kesejahteraan dan seharusnya diberikan perhatian yang sama dengan aspek lain dari kesehatan bayi. Dengan usaha yang relatif sedikit, beberapa masalah kulit seperti terdaftar di sini yang umum bagi bayi bisa dicegah.

KERAK KEPALA :
Kelenjar keringat yang bekerja berlebihan di kulit kepala dapat menyebabkan serpihan kulit keras, dikenal dengan nama kerak kepala
* untuk mencegahnya, cucilah kepala bayi dengan shampo yang diformulasikan secara khusus agar menjadi cukup ringan dan lembut untuk digunakan pada bayi Anda.
* Bilaslah dengan seksama untuk menghilangkan semua sisa shampoo
* Gosokkan baby oil dengan lembut pada kulit kepala bayi Anda dan biarkan beberapa saat untuk menghilangkan serpihan kulit keras, agar mudah dihilangkan

KULIT KERING :
Kulit kering Anda dengan mudah menjadi kering dan semakin kering kulitnya, semakin kurang efektiflah ia melindungi dari efek-efek berbahaya.
* Atur suhu dan kelembaban didalam rumah Anda.
* Lindungi bayi Anda dari hembusan angin
* Jaga kulit bayi Anda tetap lembab untuk mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban
kulit yang tepat dengan menggunakan krim bayi,lotion atau oil.

LECET :
Ada gesekan di antara pakaian bayi dimana daerah-daerah dari kulit saling bergesekan seperti pada ketiak atau lipatan-lipatan pantat bayi yang bisa menimbulkan lecet.
* Keringkan bayi Anda dengan seksama setelah mandi dan berikan perhatian khusus pada lipatan-lipatan.
* Hindari bahan kain yang kasar, kesat dan ketat
* Gunakan bedak atau krim pada kulit untuk mengurangi gesekan dan menjaga bayi Anda tetap nyaman.

RUAM KULIT YANG UMUM :
Ada beberapa ruam yang biasa terjadi pada bayi:
RUAM PANAS (BIANG KERINGAT)
Pada suhu cuaca yang panas, pori-pori pada kulit bayi Anda bisa tertutup dan menyebabkan jerawat kecil merah muda. Jangan biarkan bayi menjadi terlalu kepanasan dengan memakaikan pakaian berlebihan atau memanaskan suhu ruangan bayi secara berlebihan.
* Pastikan pakaian bayi cukup longgar
* Bersihkan bayi Anda secara teratur untuk membuang keringat berlebih.
REAKSI TERHADAP SABUN ATAU BAHAN KIMIA
Bayi-bayi dilahirkan dengan kulit yang halus dan sensitif yang membutuhkan perhatian khusus.
* Hindari bahan-bahan yang menimbulkan iritasi seperti sabun atau shampo keras orang dewasa.
* Cuci pakaian bayi dengan deterjen yang ringan dan bersihkan dengan seksama.

PERUBAHAN HORMON
Ruam yang berciri jerawat putih pada hidung, pipi dan dahi, dapat timbul dari penyerapan hormon yang bayi Anda terima ketika ia masih berada didalam rahim Anda. Hal ini cukup normal dan akan hilang sendiri

RUAM SUSU
Titik-titik putih kecil yang timbul pada wajah, leher, dan bagian atas dada sangat umum terjadi diantara bayi-bayi yang disusui ASI. Tipe ruam ini normal dan akan hilang tanpa perawatan apapun.

RUAM POPOK
Popok membuat daerah yang lembab dan hangat yang secara terus-menerus bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Daerah yang lembab dan hangat ini memicu tumbuhnya bakteri. Ditambah pula lecet akibat gesekan yang menurunkan efektifitas pelindung kulit menyebabkan ruam popok. Ada beberapa cara untuk mengurangi atau mencegah masalah-masalah kulit pada area halus ini.
Untuk menjaga kulit pantat bayi sehat dannyaman :
* Gantilah popok sesering mungkin
* Bersihkan pantat bayi Anda dengan lembut dengan kain penyeka bayi dan keringkan diantara lipatan-lipatan secara seksama setiap kali Anda mengganti popok.
* Ketika membersihkan pantat bayi, pastikan mengusap dari depan ke belakang. Ini akan menjauhkan kotoran dari daerah kemaluan dan mencegaj iritasi
* Usapkan krim pelindung untuk melindungi kulit.
* Ketika Anda memcuci popok, bersihkan mereka secara seksama sehingga semua sisa detejen hilang.

Jika Anda melihat ada bercak merah yang seringkali merupakan awal mula dari ruam popok, usapkan krim obat popok sesegera mungkin.


APAKAH STRUKTUR KULIT ITU?
Kulit disusun dari 3 lapisan utama, epidermis, dermis dan lapisan jaringan.

A. Epidermis adalah lapisan paling kuat, yang melindungi kita dari lingkungan.Sel-sel baru secara terus-menerus menggantikan sel-sel tua yang terlepas dari permukaan.

B. Lapisan tengah disebut dermis dan disinilah kelenjar-kelenjar keringat, kelenjar-kelenjar minyak, syaraf dan pembuluh darah berada. Rambut juga berasal dari dermis. Ia tumbuh sepanjang lubang melalui epidermis menuju permukaan kulit.

C. Lapisan terdalam disebut lapisan jaringan dan terdiri dari lemak, yang menyediakan pelindung dari panas dan dingin.


APAKAH PERBEDAAN ANTARA KULIT DEWASA DAN KULIT BAYI?
Dengan sebuah mikroskop berkekuatan tinggi, perbedaan dapat terlihat diantara kulit bayi dan kulit orang dewasa. Kulit bayi lebih tembus air, lebih tak mampu melawan infeksi atau bereaksi terhadap alergi. Bayi juga sedikit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang melindungi dari sinar matahari sehingga kemudian berarti resiko yang lebih besar terhadap terbakarnya kulit.

BAGAIMANA MENJAGA KULIT BAYI ANDA SUPAYA SEHAT?
Dengan masalah-masalah kulit,seperti hal lainnya, pencegahan lebih baik dari penyembuhan. Bayi Anda lahir dengan kulit sempurna, pada umumnya, Amda dapat menjaganya agar tetap demikian dengan mengikuti beberapa aturan sederhana :
* Lindungi kulit bayi dari deterjen dan sabun yang keras
* Hindari iritasi karena kelembaban berlebihan
* Jaga kulit agar tetap lembab
* Kurangi gesekan
* Lindungi bayi Anda dari matahari dan angin

Dengan menjaga lapisan luar kulit agar tidak rusak, akan membuat pelindung yang sempurna untuk melawan elemen berbahaya dan iritasi. Para ilmuwan percaya bahwa perawatan kulit bayi yang tepat dapat membantu memantapkan dasar dari kulit sehat bagi kehidupan anak Anda selamanya.


Posted on 05/11/2009 by damos674
Trans08
DIarsipkan di bawah: Zona Kesehatan

2 comments:

Galaktosa said...

Terima kasih atas informasinya..

Mrda_renda said...

iya kawan. makasi yah atas kunjungannya. sering2 mampir