Thursday, May 27, 2010

Malaikat Izrail, Malaikat Pencabut Nyawa?

Percaya kepada Malaikat adalah masuk dalam rukun Iman, artinya wajib bagi mereka yang mengaku sebagai seorang muslim,percaya kepada malaikat-malaikat Allah. Nah, sedari kecil kita diajarkan untuk menghapal nama-nama malaikat tersebut.

Salah satu malaikat yang kita hapal adalah malaikat Izrail yang tersohor sebagai pencabut nyawa. Tetapi apa lacur ternyata beberapa nama malaikat tersebut tidaklah valid.
Kejujuran akan nama-nama malaikat tersebut tercermin dalam arti malaikat dalam wikipedia, disana dinyatakan bahwa beberapa nama malaikat ternyata tidak valid alias tidak ada dasarnya.

Berikut saya kutipkan yang tertulis di wikipedia tersebut:
"Dari nama-nama malaikat di atas hanya tiga yang disebut dalam Al Qur'an, yaitu Jibril, Mikail (QS 2 Al Baqarah : 97,98), dan Malik (QS Al Hujurat). Sedangkan Israfil, Munkar dan Nakir disebut dalam Hadits.

Nama Malaikat Maut, Izrail, tidak ditemukan sumbernya baik dalam Al Quran maupun Hadits. Kemungkinan nama malaikat Izrail didapat dari sumber Israiliyat. Dalam Al Qur'an dia hanya disebut Malaikat Maut. (http://id.wikipedia.org/wiki/Malaikat).
Ternyata apa yang saya dapat dari sebuah kajian bersesuaian dengan hal ini, karena memang tidak ditemukan dalam nash baik dari Qur'an maupun Hadits, sehingga dalam penamaan kita harus merujuk kesana. Jika ini kita lakukan maka penamaan malaikat Izrail sebagai pencabut nyawa harus kita tinjau ulang dan WAJIB kita untuk menggantinya dengan penamaan Malaikat Maut (atau Malakul Maut) yang lebih bersesuaian dengan nash dari Qur'an maupun Hadits.
Wallahu a'lam

sumber :  http://thetrueideas.multiply.com/journal

No comments: